AL-QUNUUN FITHIB PASAL KE-1

AL-QUNUUN FITHIB PASAL KE-1







AL-QUNUUN FITHIB PASAL KE-1

Kitab Al-Qonuun fithib (Karya syekh ibnu sina)
Edisi pertama
Penjelasan pasal-ke-1
Penterjemah :Aa. Miftah hudaya
Lokasi Alamat : Bogor-Indonesia
Contact person : 0817-900-11-35

  Pelajaran Pertama  Bagi Seorang Dokter/Thabib

al-qonun- fithib hal 29. jilid I cetakan berut

          Syeikh Ibnu Sina Berkata :Ilmu kedokteran adalah science yang memperkenalkan tentang hal-ihwal (Anatomy) tubuh manusia  dari sisi apa yang dapat membuat sehatnya badan, dan apa yang membuat sakitnya badan supaya seseorang dapat merawat kesehatan (healthy care) secara utuh, yang merupakan “goal success” dari sebuah arti pengobatan.

  Theory Dan Praktek Ilmu Kedokteran….  

         Ilmu Kedokteran menurut beliau terbagi kepada “ Theory dan Praktek”. Dan beliau mengatakan : “ kalian seharusnya  menjadikan itu semua secara universal sebagai wancana Theory, karena jika kalian mengatakan bahwa ilmu kedokteran adalah sebuah ilmu pengetahuan, maka kami akan menjawab dan mengatakannya : “ Bahwa ilmu pengobatan itu bisa diketahui dari sebuah representation of analogy, “apa itu Theory ?  dan apa itu praktek ? serta apa manfaat keduanya ?

Sekarang kita membutuhkan sebuah ‘explanatory answers dari perbedaan kedua tujuan tersebut  baik Theory maupun praktek dalam ruang-lingkup ilmu kedokteran. Jika ada seseorang yang mengatakan : Apa tujuan theory, dan apa tujuan praktek dalam ilmu pengobatan ?. Maka janganlah kalian menerka-nerka dari sebuah jawaban, akan tetapi jawablah dengan jawaban yang tepat, yaituSalah satu dari partisisi keduanya  adalah sebuah pelajaran  yang isinya mengandung ilmu pengetahuan dan pembagian sesuatu lain, yang terdapat di-dalam ruang-lingkup ilmu kedokteran. Diantaranya adalah : keharusan Praktek secara langsung bagai mana cara untuk menterjemahkan sebuah implementasi dari dasar pengobatan.

  Jawaban Ibnu Sina Tentang Theory Dan Praktek .

Theory dan praktek ilmu pengobatan

          Menurut Syekh ibnu sina : Theory adalah apa yang ada dari sebuah pengajaran, atau sebuah kerangka pengalaman  yang terbentuk  didalamnya, yang hanya mengikat satu beranda keyakinan(I’tiqod) tanpa harus  menghadirkan sebuah explanatory secara praktek”. Seperti  contoh sebuah theory ilmu pengobatan : “Bahwa classification penyakit demam, ter-partisi  menjadi tiga bagian.  red.

Dan praktek adalah : Bukan hanya praktek dalam bidang pekerjaannya saja, atau hanya menuntut pada sebuah gerak secara badaniyahnya saja, akan tetapi  partisi dari ke-semuanya itu mecakup tentang arti dari sebuah ilmu pengobatan (medical) yang bermanfaat untuk bidang pengajaran, yang mengikuti  cara pandang ilmu tersebut.

 Cara Pandang Ilmu Kedokteran

           Cara pandang ilmu kedokteran(medical) bergantung pada klarifikasi sebuah tata cara  praktek dalam  bidang ilmu tersebut. Seperti contoh yang terdapat dalam ilmu pengobatan  :Bahwa  penyakit bengkak atau luka itu bersifatpanaslalu bagai mana cara untuk memulai  menahan, mendinginkan, dan mengupas-nya  .kemudian mercampur antibiotic (penahan rasa sakit) dengan dosis ringan. Setelah selesai. Buat satu ringkasan yang padat, untuk membuat sebuah resep kedokteran .

Pengkecualian :Penyakit bengkak  dapat membentuk sebuah unsure–unsure  sehingga terjadi penolakan pada pusat anggota badan.

Beliau mengatakan :Praktek diatas bermanfaat sebagai cara padang dari sebuah ilmu pengobatan yang merupakan ekplanasi tata-cara praktek. Jika  seseorang mengerti praktek dari kedua partisi ini, maka ini merupakan  keberhasilan  dari makna sebuah praktek dalam bidang ilmu pengobatan.”

  Sebuah Pandangan Ibnu Sina

          Janganlah seseorang  mengatakan, “ bahwa hal-ihwal (condition) badan manusia  terbagi menjadi tiga bagian :

  • Sehat
  • Sakit
  • Diantara keduanya

Akan tetapi, jika ia memang  orang dokter yang pandai, maka ia akan membuat satu  ringkasan menjadi dua bagian :

  • Sehat
  • sakit

karena yang demikian, agar  tidak menemukan beberapa kesulitan dalam sebuah praktek ilmu kedokteran. Beliau mengatakan :  hilangnya kesehatan berarti sakit. Dan hilangnya sakit berarti  sehat. Sehat adalah  keadaan yang dapat menimbulkan berbagai perbuatan dari penempatan kondisi seseorang yang dinyatakan  selamat dari suatu penyakit.

Dilarang mengcopy tanpa izin penerjemah

Email: miftahhudaya@ymail.com

 

Bersambung ke-pasal ke-2…

Pasal kedua klik disini
Blog Yang Berhubungan :