Pengertian Hijamah

Pengertian Hijamah





Pengertian Hijamah
Keterangan ini diambil dari kitab Tibunnabawi, Tiburahmah, dan Al-Qonun
HIJAMAH (BEKAM)

A. Pengertian hijamah/bekam/cop
Apa itu hijamah/bekam ?

Al-hijamah merupakan salah satu methode pengobatan yang diajurkan oleh nabi besar Muhammad SAW, yaitu methode terapi yang pengobatannya dengan cara mengeluarkan darah dari bagian sela-sela kulit, sangat bermanfaat untuk membuang toksin(racun)yang mengendap didalam jaringan tubuh kita.selain dari itu, Hijamah berfungsi untuk mengilangkan darah kotor yang sudah tidak berguna lagi yang merupakan cikal-bakal seseorang terjangkit satu penyakit. Al-hasil dari methode terapi yang semacam ini, menciptakan filter sikulasi dalam peredaran darah sehingga kondisi darah kembali normal, dan dengan izin Allah tubuh kita pun menjadi sehat walafat amin. ya rabbal'alamiin.

selain pengobaan tersebut, ada beberapa pengobatan nabawiyyah yang berfungsi sama dengan methode terapi hijamah. diantaranya adalah pashed,dan ,alaqoh. pashed sama halnya dengan hijamah, tapi berbeda sedikit dalam cara(methode) mengambilan darah. akan tetapi mempunyai fungsi sama seperti hijamah. Darah yang di ambil melalui methode ini bukan dari bagian sisi kulit, akan tetapi dari bagian alteri darahnya(urat).Adapun Alaqoh adalah pengambilan darah dengan menggunakan litah.ketiga metode ini pada dasarnya adalah sama, akan tetapi hanya caranya saja yang berbeda.

Argumentasi 1 :
khusus mengengenai Alaqoh/terapi lintah, sangat disarankan menggunakan lintah yang tidak beracun. Didalam kitab AL-QONUUN (IBNU SINA) Beliau membagi lintah menjadi 2(dua): beracun dan tidak beracun. Lintah yang beracun bisa dilihat dari "warananya, yaitu kehijau-hijauan, hitam mutiara dan bermulut besar. bahkan lintah semacam ini sangat membahayakan dan merusak kadungan sel-sel darah yang berakibat patal. waallahua'lam bishawab.

Argumentasi 2 :
Ada satu pendapat yang merekomendasi, bahwa methode hijamah lebih sempura dari methode pashed. kenapa ? karena racun lebih banyak mengendap pada bagian sisi kulit.waallahu'alam bisshawab. P>

B. ASAL-USUL HIJAMAH
Bagaimana terjadinya hijamah ?

Adapun asal-usul tentang hijamah ini, “ada dan terjadi” ketika nabi Muhammad SAW melaksanakan kewajiban isra maw-mi’raj pada tanggal 27 pada bulan rajab. Al kisah, ketika beliau naik bersama romongan malaikat, lalu para malaikat berkata : “Ya Muhammad…? ‘alaikum bilhijamah” ( ya, muhammad , haruslah engkau berbekam ) dan seraya berkata lagi : mur umataka bil hijamah ( ya, Muhammad perintahkan umatmu untuk berbekam) ( al-hadist)

C. SUMBER-SUMBER DALIL HIJAMAH

1 .Hadist nabi yang diriwayatkan oleh ibnu majjah dari jubarah bin mughalas dari kastir bin salim dari Anas radiallahu’anhu: beliu pernah mendengar rasulullah bersabda :
“tiadalah pada waktu aku berjalan di malam isra bersama para malaikat melainkan mereka berkata (para malaikat): “ ya Muhammad… perintahkan umatmu untuk berhijamah (dhoif)

2. Riwayat tirmizy dari hadist ibnu abas r.a :
para malaikat berkata : “berhijahlah engkau ya Muhammad”…

3. Hadist shahih Riwayat thawus dari ibnu abas r.a
“Bahwa nabi SAW pernah berhijamah dan membayar orang yang menghijamahnya”

4. Hadist shahih yang diriwayatkan humed at-thowil dari anas r.a:
“Sesungguhnya rasulullah pernah berhijamah oleh Abu thoibah dan memrintahkan Anas untuk membayarnya dengan dua sha’I dari makanan dan berkatalah rasulullah : “ sebaik baiknya obat untuk kalian adalah hijamah.

Blog Yang Berhubungan :