Tafsir Al Qurthubi Ayat 70 Surat Al-Isra

Tafsir Al Qurthubi Ayat 70 Surat Al-Isra

Tafsir Imam Al Qurthubi :

Terjemah Oleh Aa Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com

قالت فرقة : هذه الآية تقتضي تفضيل الملائكة على الإنس والجن من حيث إنهم المستثنون في قوله تعالى : " ولا الملائكة 
المقربون " [ النساء : 171 ] . وهذا غير لازم من الآية , بل التفضيل فيها بين الإنس والجن ; فإن هذه الآية إنما عدد الله فيها على بني آدم ما خصهم به من سائر الحيوان , والجن هو الكثير المفضول , والملائكة هم الخارجون عن الكثير المفضول , ولم تتعرض الآية لذكرهم , بل يحتمل أن الملائكة أفضل , ويحتمل العكس , ويحتمل التساوي 

Sebagian golongan mengatakan: “Ayat ini menyatakan keutamaan malaikat atas manusia dan jin, karena merakalah mahkuk yg di puji Allah SWT dalam Ayat 171 surat Annisa- : “ tidalah malaikat Muqarrabun.

Ini merupakan perbedaan yang tidak lazim dalam ayat ini, akan tetapi, Tafdil  (keutamaan) ayat ini hanya antara manusia dan jin. Sesungguhnya Allah menjanjikan anak cucu adam yang di istimewakan dari seluruh mahluk hidup.   

Mahluk bernama jin sangatlah banyak keunggulanya, begitu pula malaikat, ayat ini ini tidak bertentangan dengan penyebutan mereka.  Akan tetapi estimasi sesungguhnya malaikat lebih afdhal bahkan sebaliknya. Atau seimbang.

Berkata Al Qurthubi :

, وعلى الجملة فالكلام لا ينتهي في هذه المسألة إلى القطع . وقد تحاشى قوم من الكلام في هذا كما تحاشوا من الكلام في تفضيل بعض الأنبياء على بعض ; إذ في الخبر ( لا تخايروا بين الأنبياء ولا تفضلوني على يونس بن متى ) . وهذا ليس بشيء ; لوجود النص في القرآن في التفضيل بين الأنبياء . وقد بيناه في [ البقرة ] ومضى فيها الكلام في تفضيل الملائكة والمؤمن

Menurut Etimologi : “ Adapun kalam tdk berakhir pada msalah ini saja.  Bahwa sebagian kaum mencatat sebuah ucapan sebagaimana mencatat tentang keutamaan sebagian nabi katas sebagian yang lainnya.  Karena ada keterangan :
( لا تخايروا بين الأنبياء ولا تفضلوني على يونس بن متى )
Artinya :
“Jangalah kamu membeda bedakan  para nabi, dan janganlah kamu mengistimewakan aku dari yunus ibnu matta. Ini bukan bukti (nash) yang ada pada al quran dalam  mengistimewakan para nabi.
Al Qurtuby berkata : “ kami telah menjelasakanya pada surat al baqrah, dan telah lewat penjelasan tentang keutamaan malaikat dan orang yang beriman.