Bab Penjelasan Tentang Maf’ul Ma’ah (Jurumiyyah)

Bab Penjelasan Tentang Maf’ul Ma’ah (Jurumiyyah)

Bab Penjelasan Tentang Maf’ul Ma’ah

.بَابُ اَلْمَفْعُولِ مَعَهُ
َ



. وَهُوَ اَلِاسْمُ اَلْمَنْصُوبُ, اَلَّذِي يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ فُعِلَ مَعَهُ اَلْفِعْلُ, نَحْوَ قَوْلِكَ "جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ" وَ"اِسْتَوَى اَلْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ". وأما خَبَرُ "كَانَ" وَأَخَوَاتِهَا, وَاسْمُ "إِنَّ" وَأَخَوَاتِهَا, فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي اَلْمَرْفُوعَاتِ, وَكَذَلِكَ اَلتَّوَابِعُ; فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ.





Bab Penjelasan Tentang Maf’ul Ma’ah

  Definisi Dan Pengertian Maf'ul Ma'ah

Maf’ul ma’ah adalah isim Manshub atau isim yang berharkat fathah yang dinyatakan untuk menerangkan Zat yang menyertai sipelaku-nya.
Seperti Contoh :
    (.جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ.)
    Artinya: Telah datang Pimpinan bersama pasukan/tentara

    .وَاِسْتَوَى اَلْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ.
    Artinya : Telah merata air bersama kayu
  Keterangan

      Untuk lebih mudah memahami tentang maf'ul Maah, coba anda perhatikan susunan kalimat ini (.جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ.). Lapaz (جَاءَ) sebagai Fiil madhi. dan lapaz (اَلْأَمِيرُ) sebagai Faailnya (sipelaku). serta lapaz (وَالْجَيْشَ) sebagai maful Maah. coba perhatikan ulang pada lapaz (وَالْجَيْشَ) ia berharkat Fathah (atau Manshub), karena Maful Maah itu adalah isim yang dinashabkan yang berfungsi untuk menerangkan apa yang menyertai pelaku.

Biasanya Maful maah selalu disertai wawu Maiyyah, yaitu "wawu" yang mempunyai arti Bersama/berserta. Silahkan mencoba !

Adapun khabar kaana dan saudara-saudaranya, isim inna dan saudara-saudaranya, sesungguhnya telah datang penjelasannya pada bab isim-isim yang dirafa’akan begitu pula yang mengikutinya (na’at, ‘athaf, taukid, badal) telah diterangkan disana.






Daftar Isi Jurumiyyah Online


Pecinta Islam Sejati