Hadits Tentang Orang Yang Dicintai
Penjelasan Tafsir Hadits Tentang Seseorang akan berkumpul diakherat dengan orang yang mereka cintai
Seserang akan berkumpul pada hari kiamat dengan orang yang mereka cintai
Penjelasan imam ghozzali,
Al hasan berkata : wahai anak cucu adam ! janganlah sampai engkau menjadi salah paham dengan ucapan seseorang yg mengatakan," seseorang bersama dengan orang yg dicintainya " karena sesungguhnya engkau tdk akan bertemu dengan orang yang baik kecuali dengan beramal seperti amalan mereka, sesungguhnya orang yahudi dan nasroni mencintai nabi mereka tetapi mereka tdk bersama mereka.
hal ini menunjukkan bahwa sekedar mencintai tanpa selaras dalam perbuatan atau keseluruhan amalan tidaklah bermanfa'at
penjelasan kitab syarah zarqoni
Imam as sakhowi berkata, sebagian ulama' berkata : " Makna hadits adalah "bahwa apabila mereka mencintainya, maka niscaya beramal sebagaimana amalan mereka "
Hasan Bisri berkata : "barang siapa yg mncintai sekelompok kaum, maka niscaya mengikuti jejak mereka. Ketahuilah bahwa engkau tdk akan bisa bertemu dengan orang orang terpilih hingga engkau mengikuti jejak mereka, mengambil hidayah mereka, mengikuti sunnah mereka, setiap pagi dan sore berada di atas jalan mereka dengan berharap agar menjadi sebagian dari mereka."
Adapun cinta yg bentuk duniawi maka tdk akan mengumpulakn mereka kelak di akherat misalnya cinta sebab kekerabatan, pertemanan, suami istri dan sebab2 dunia lainya yg fana' tdk akan menjadi sebab berkumpul di hari kiamat kelak.
seorang muslim yg mencintai anak perempuannya yg tdk muslimah dgn kecintaan yg alami maka kelak tdk akan kumpul bersamanya, begitu juga selain muslim yg mencintai temenya yg muslim tanpa masuk islam dan mengikutinya maka tdk akan berkumpul bersamanya
Demikian seluruh jenis cinta duniawiyang tdk masuk dalam makna hadits ini.
Wallahu A'lam
Sumber forum diskusi dan sedikit revisi penerjemahan
Penjelasan Tafsir Hadits Tentang Seseorang akan berkumpul diakherat dengan orang yang mereka cintai
المرء مع من أحب يوم القيامة
Seserang akan berkumpul pada hari kiamat dengan orang yang mereka cintai
Penjelasan imam ghozzali,
" قال الحسن : يا ابن آدم ! لا يغرنك قول من يقول : ( المرء مع من أحب ) فإنك لن تلحق الأبرار إلا بأعمالهم ، فإن اليهود والنصارى يحبون أنبياءهم وليسوا معهم ، وهذه إشارة إلى أن مجرد ذلك ، من غير موافقة في بعض الأعمال ، أو كلها : لا ينفع " انتهى من " إحياء علوم الدين "
(2/160)
Al hasan berkata : wahai anak cucu adam ! janganlah sampai engkau menjadi salah paham dengan ucapan seseorang yg mengatakan," seseorang bersama dengan orang yg dicintainya " karena sesungguhnya engkau tdk akan bertemu dengan orang yang baik kecuali dengan beramal seperti amalan mereka, sesungguhnya orang yahudi dan nasroni mencintai nabi mereka tetapi mereka tdk bersama mereka.
hal ini menunjukkan bahwa sekedar mencintai tanpa selaras dalam perbuatan atau keseluruhan amalan tidaklah bermanfa'at
penjelasan kitab syarah zarqoni
وقال السخاوي : قال بعض العلماء : ومعنى الحديث أنه إذا أحبَّهم عمل بمثل أعمالهم ، قال الحسن البصري : من أحبَّ قومًا اتبع آثارهم ، واعلم أنك لن تلحق بالأخيار حتى تتبع آثارهم ، فتأخذ بهديهم ، وتقتدي بسنتهم ، وتصبح وتمسي على مناهجهم ، حرصًا أن تكون منهم " انتهى من " شرح الزرقاني على المواهب اللدنية بالمنح المحمدية "
(5/304)
Imam as sakhowi berkata, sebagian ulama' berkata : " Makna hadits adalah "bahwa apabila mereka mencintainya, maka niscaya beramal sebagaimana amalan mereka "
Hasan Bisri berkata : "barang siapa yg mncintai sekelompok kaum, maka niscaya mengikuti jejak mereka. Ketahuilah bahwa engkau tdk akan bisa bertemu dengan orang orang terpilih hingga engkau mengikuti jejak mereka, mengambil hidayah mereka, mengikuti sunnah mereka, setiap pagi dan sore berada di atas jalan mereka dengan berharap agar menjadi sebagian dari mereka."
Adapun cinta yg bentuk duniawi maka tdk akan mengumpulakn mereka kelak di akherat misalnya cinta sebab kekerabatan, pertemanan, suami istri dan sebab2 dunia lainya yg fana' tdk akan menjadi sebab berkumpul di hari kiamat kelak.
seorang muslim yg mencintai anak perempuannya yg tdk muslimah dgn kecintaan yg alami maka kelak tdk akan kumpul bersamanya, begitu juga selain muslim yg mencintai temenya yg muslim tanpa masuk islam dan mengikutinya maka tdk akan berkumpul bersamanya
Demikian seluruh jenis cinta duniawiyang tdk masuk dalam makna hadits ini.
أما الحب الدنيوي الذي يكون باعثه قرابة أو صداقة أو مصلحة مادية أو زواج أو غير ذلك من أسباب الدنيا الفانية ، فلا يكون سببا للجمع في المحشر أو المصير ، فالمسلم الذي يحب والدته غير المسلمة حبا فطريا ، ولا يحشر معها ، وغير المسلم الذي يحب صديقه المسلم مثلا من غير إسلام وإتباع لا يحشر معه ، وهكذا كل أنواع المحبة الدنيوية لا مدخل لها في معنى
هذا الحديث
Sumber forum diskusi dan sedikit revisi penerjemahan