Bab Shalat Fathul muin 5(Terjemah Indonesia)

Bab Shalat Fathul muin 5(Terjemah Indonesia)

بسم الله الرحمن الرحيم
Bab Shalat kitab Fathul muin
Translated by Aa. Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com


فصل) في شروط الصلاة. الشرط ما يتوقف عليه صحة الصلاة، وليس منها. وقدمت الشروط على الاركان لانها أولى بالتقديم، إذ الشرط ما يجب تقديمه على الصلاة واستمراره فيها.


Pasal Tentang Syarat-Syarat Sah Shalat.

  Definisi Dan Pengertian Syarat Sah Shalat

         Yang dimaksud dengan syarat sah shalat adalah : “sebuah perkara yang begantung pada  (keabsahan) shalat.” Akan tetapi bukan dari sebagian (persyaratan) itu sendiri.

Adapun syarat-syarat shalat lebih dahulu penjelasanya dari rukun-rukun-nya. Sebab syarat sah shalat lebih utama untuk di-dahulukan, karena syarat itu adalah “apa yang wajib didahulukan didalam implementasi setiap ritual shalat dan dan terus menerus di dalam-nya

Keterangan : Yang dimaksud dgn syarat sah shalat adalah : " keabsahan shalat bergantung pada syarat-sahnya shalat, bukan hanya dari sebagian syarat- syarat tersebut.


شروط الصلاة خمسة: أحدها: طهارة عن حدث وجنابة الطهارة: لغة)، النظافة والخلوص من الدنس. وشرعا: رفع المنع المترتب على الحدث أو النجس. 


  Syarat Sah Shalat Ada Lima Perkara

Adapun syarat-syarat sah shalat ada lima perkara, salah satunya adalah thaharah (bersuci). "yaitu bersuci dari hadats kecil dan hadats janabah (mandi junub).

Thaharah menurut bahasa adalah “bersih dan bebas dari kotoran”. Adapun menurut syara' ialah “mengangkat (menghilangkan) halangan yg terjadi karena hadats atau najis (yang dapat menolak ke-absahanya ibadah.)

  Definisi Dan Pengertian Wudhu

 فالاولى) أي الطهارة عن الحدث: (الوضوء) هو - بضم الواو - استعمال الماء في أعضاء مخصوصة مفتتحا بنية. وبفتحها: ما يتوضأ به. وكان ابتداء وجوبه مع ابتداء وجو ب المكتوبة ليلة الاسراء.

        Yang pertama adalah “bersih dari hadats, yaitu "wudhu". 
lapadz (الوضوء)  dengan menggunakan "dhammah wawu" yang bermakna : "menggunakan air pada anggota-anggota badan yang dikhususkan yg disertai niat.

Jika menggunakan "fathah wawu" bermakna : " Sesuatu yg digunakan  ber-wudhu

  Asal Mula Kewajiban Wudhu

وكان ابتداء وجوبه مع ابتداء وجو ب المكتوبة ليلة الاسراء.


Adapun permulaaan kewajiban wudhu berbarengan dengan perintah kewajiban shalat lima waktu yaitu "pada malam isra nabi Muhammad SAW".


وشروطه) أي الوضوء كشروط الغسل خمسة. أحدها: (ماء مطلق)، فلا يرفع الحدث ولا يزيل النجس ولا يحصل سائر الطهارة - ولو مسنونة - إلا الماء المطلق، وهو ما يقع عليه اسم الماء بلا قيد، وإن رشح من بخار الماء الطهور المغلى، أو استهلك فيه الخليط، أو قيد بموافقة الواقع كماء البحر. بخلاف ما لا يذكر إلا مقيدا كماء الورد، (غير مستعمل في) فرض طهارة، من (رفع حدث) أصغر أو أكبر، ولو من طهر حنفي لم ينو، أو صبي لم يميز لطواف


Tentang Syarat Syarat Wudhu

         Adapun syarat-syarat Wudhu sama halnya dengan syarat-syarat shalat, yaitu ada lima perkara, salah satunya adalah : AIR MUTHLAQ. Hadats tidak akan terangkat dan tidak akan hilang serta tidakan akan tercapai semua thaharah sekalipun itu sunah, terkecuali dengan menggunakan air muthlaq.

  Definisi Dan Pengertian Air Muthlaq

  وهو ما يقع عليه اسم الماء بلا قيد، وإن رشح من بخار الماء الطهور المغلى، أو استهلك فيه الخليط، أو قيد بموافقة الواقع كماء البحر. بخلاف ما لا يذكر إلا مقيدا كماء الورد، (غير مستعمل في) فرض طهارة، من (رفع حدث) أصغر أو أكبر، ولو من طهر حنفي لم ينو، أو صبي لم يميز لطواف


         Yang dimaksud dengan air muthlaq adalah "Air yg dinamakan air  tanpa ikatan apapun "
sekalipun :
  • menetes dari uap air bersih yang medidih,  
  • Rusak oleh sesuatu yang bercampur, 
  • Atau dibatasi sesuai yg terjadi karena selaras, yaitu seperti air laut. 
Berbeda atas apa yang tidak disebutkan kecuali dgn kelebihan seperti air mawar.

Air muthlaq  yang   Ghoer Musta'mal  (air yang belum digunakan) pada kefarduan thaharah untuk mengangkat hadats kecil maupun hadats besar. Meskipun digunakan untuk thaharah oleh pengikut madzhab imam hanafi yang tdk mengucapkan niat, atau seorang anak kecil yang belum mumayyiz yang mengunakanya untuk thawaf. dan tdk digunakan utk menghilangkan najis


Fathul muin Bab Shalat  1 2 3 4  5 6 7                                                              Kembali