Khasiat Kegunaan Dan Manfaat Bunga Lawang

Khasiat Kegunaan Dan Manfaat Bunga Lawang

Gambar pekak atau bunga lawang



Nama Lawang
Pekak atau bunga lawang mempunyai nama latin Illicium verum.
Di beberapa negara dan daerah, pekak memiliki nama yang berbeda, diantaranya adalah:
Orang keturunan Tionghoa di Jawa menyebutnya pekak.Orang Bali memanggilnya dengan sebutan bunga lawang.Sedangkan negara Eropa menyebutnya star anise karena bentuknya menyerupai bintang.Di Italia disebut anice stellato.Masyarakat Jerman menyebutnya Sternanis.Sedangkan dalam Bahasa Cina adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak.

Pekak adalah buah, bukan bunga.
Bunga Lawang (Pekak) sebenarnya bukan bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

Pekak memang kalah populer dibandingkan dengan bumbu lainnya pada kuliner Indonesia, seperti lada, pala, ketumbar dll. Lain halnya dengan kuliner di Asia, utamanya di China, Thailand, Vietnam, bumbu pekak banyak digunakan.

Manfaat pekak atau bunga lawang.
Pekak berfungsi untuk membuat aroma masakan menjadi segar dan wangi, seperti pada kecap, pekak adalah salah satu bumbu untuk membuat kecap memiliki aroma yang khas. Bunga pekak memiliki rasa seperti Adas manis. Bunga lawang (pekak) dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan.

Masakan yang menggunakan bumbu pekak atau bunga lawang.
Bunga lawang juga banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang  Padang, masakan Jawa, dan Bali. Masakan sup akan lebih sedap apabila ditambahkan bumbu ini.

Penggunaannya untuk masakan bisa pekak utuh atau yang sudah dihaluskan menjadi serbuk.

Manfaat lain
Selain menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan tradisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi. Bunga lawang juga sering dimanfaatkan untuk minuman tradisional seperti jamu dan campuran minum teh. Salah satunya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh hitam dan bubuk bunga lawang. Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung, tamiflu. Hal ini menyebabkan stoknya sempat menghilang dari pasaran dan harganya melambung.


Sumber: wikipedia dan NCC.
Semoga bermanfaat!