Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Fatihah 5

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Fatihah 5


" الْكَلَام عَلَى مَا يَتَعَلَّق بِهَذَا الْحَدِيث مِمَّا يَخْتَصّ بِالْفَاتِحَةِ مِنْ وُجُوه " " أَحَدهَا" أَنَّهُ قَدْ أُطْلِق فِيهِ لَفْظ الصَّلَاة وَالْمُرَاد الْقِرَاءَة كَقَوْلِهِ تَعَالَى : " وَلَا تَجْهَر بِصَلَاتِك وَلَا تُخَافِت بِهَا وَابْتَغِ بَيْن ذَلِكَ سَبِيلًا " أَيْ بِقِرَاءَتِك كَمَا جَاءَ مُصَرَّحًا بِهِ فِي الصَّحِيح عَنْ اِبْن عَبَّاس


Ada beberapa pandangan ulama yang terkait dengan hadits ini secara spesifik tentang surat Al fatihah  :"(Yang pertama) : "Bahwa telah di anggap muthlak lafadz sholat dan destinasi bacaan seperti firman Allah Ta'ala :"Jangan lah kamu mengeraskan bacaan dalam sholatmu, dan janganlah kamu meringankannya, akan tetapi cari jalan di antara keduannya" Al ayat - (*) Yakni dengan bacaanmu sebagaimana datang penjelasan dalam Ash-sohiih dari Ibnu Abas.

 وَهَكَذَا قَالَ فِي هَذَا الْحَدِيث" قَسَمْت الصَّلَاة بَيْنِي وَبَيْن عَبْدِي نِصْفَيْنِ فَنِصْفهَا لِي وَنِصْفهَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ " ثُمَّ بَيَّنَ تَفْصِيل هَذِهِ الْقِسْمَة فِي قِرَاءَة الْفَاتِحَة فَدَلَّ عَلَى عَظَمَة الْقِرَاءَة فِي الصَّلَاة وَأَنَّهَا مِنْ أَكْبَر أَرْكَانهَا إِذْ أُطْلِقَتْ الْعِبَادَة وَأُرِيد بِهَا جُزْء وَاحِد مِنْهَا وَهُوَ الْقِرَاءَة كَمَا أُطْلِق لَفْظ الْقِرَاءَة وَالْمُرَاد بِهِ الصَّلَاة فِي قَوْله" وَقُرْآن الْفَجْر إِنَّ قُرْآن الْفَجْر كَانَ مَشْهُودًا " وَالْمُرَاد صَلَاة الْفَجْر كَمَا جَاءَ مُصَرَّحًا بِهِ فِي الصَّحِيحَيْنِ أَنَّهُ يَشْهَدهَا مَلَائِكَة اللَّيْل وَمَلَائِكَة النَّهَار فَدَلَّ هَذَا كُلّه عَلَى أَنَّهُ لَا بُدّ مِنْ الْقِرَاءَة فِي الصَّلَاة وَهُوَ اِتِّفَاق مِنْ الْعُلَمَاء وَلَكِنْ اِخْتَلَفُوا فِي مَسْأَلَة نَذْكُرهَا فِي الْوَجْه الثَّانِي 



Begitu pula berkata Ibnu Abas tentang hadits ini:" (  قَسَمْت الصَّلَاة بَيْنِي وَبَيْن عَبْدِي نِصْفَيْنِ فَنِصْفهَا لِي وَنِصْفهَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ "  ) kemudian beliau menjelasankan secara terperinci pembagian ini dalam bacaan qiraat Surat Al fatihah Dengan demikian ini menujukan pengagungan dalam pembacaan Al quran dalam sholat. Dan sesungguhnya Al fatihah merupakan rukun sholat yang paling besar.  karena itulah ia dinyatakan sebagai ibadah, dan dan salah satu tujuan yg di maksud. Sebagaimana dinyatakan  pada lapadz qiraat dan destinasi sholat. Allah SWT berfirman : "(  وَقُرْآن الْفَجْر إِنَّ قُرْآن الْفَجْر كَانَ مَشْهُودًا  ) .

 Adapun yang di maksud dengan shalat fajar sebagai mana yang di jelaskan didalam dua kitab "Ash-shohih", bahwa malaikat yg menjaga siang dan malam ikut bersaksi.

Secara keseluruhan ini membuktikan, "bahwa wajibnya membaca Al fatihah dalam setiap sholat, yg merupakan itifaq para ulama mayoritas. Namun ada kontroversi dalam masalah yang kami akan sebutkan terkait Qoul ulama yg kedua.

 وَذَلِكَ أَنَّهُ هَلْ يَتَعَيَّن لِلْقِرَاءَةِ فِي الصَّلَاة غَيْر فَاتِحَة الْكِتَاب أَمْ تُجْزِئ هِيَ أَوْ غَيْرهَا ؟ عَلَى قَوْلَيْنِ مَشْهُورَيْنِ فَعِنْد أَبَى حَنِيفَة وَمَنْ وَافَقَهُ مِنْ أَصْحَابه وَغَيْرهمْ : أَنَّهَا لَا تَتَعَيَّن بَلْ مَهْمَا قَرَأَ بِهِ مِنْ الْقُرْآن أَجْزَأَهُ فِي الصَّلَاة وَاحْتَجُّوا بِعُمُومِ قَوْله تَعَالَى : " فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْ الْقُرْآن "

Dengan demikian, "Apakah wajib pembacaan Al fatihah dalam setiap secara hukum ? Atau selain surat Alfatihah? Atau apakah diganjar pahala selain membaca surat Al fatihah.

Ada dua pendapat ulama terkemuka tentang itu, Seperti pendapatnya Abu Hanifah dan orang yang sejalan dgnnya, yakni para sahabat dan selainya :"  Bahwa tidak wajib secara hukum membaca Al fatihah di dalam sholat, dan mendapat ganjaran  dalam sholatnya.  Mereka mejadikan hujjah (dalil) dari firman Allah SWT " (  فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْ الْقُرْآن  ) " Bacalah oleh kalian apa yang termudah dari Al Quran" @Al Ayat

وَبِمَا ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ مِنْ حَدِيث أَبِي هُرَيْرَة فِي قِصَّة الْمُسِيء فِي صَلَاته أَنَّ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ " إِذَا قُمْت إِلَى الصَّلَاة فَكَبِّرْ ثُمَّ اِقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَك مِنْ الْقُرْآن " قَالُوا فَأَمَرَهُ بِقِرَاءَةِ مَا تَيَسَّرَ وَلَمْ يُعَيِّنْ لَهُ الْفَاتِحَة وَلَا غَيْرهَا فَدَلَّ عَلَى مَا قُلْنَا . " وَالْقَوْل الثَّانِي " أَنَّهُ تَتَعَيَّن قِرَاءَة الْفَاتِحَة فِي الصَّلَاة وَلَا تُجْزِئ الصَّلَاة بِدُونِهَا وَهُوَ قَوْل بَقِيَّة الْأَئِمَّة مَالِك وَالشَّافِعِيّ وَأَحْمَد بْن حَنْبَل وَأَصْحَابهمْ وَجُمْهُور الْعُلَمَاء وَاحْتَجُّوا عَلَى ذَلِكَ بِهَذَا الْحَدِيث الْمَذْكُور حَيْثُ قَالَ صَلَوَات اللَّه وَسَلَامه عَلَيْهِ " مَنْ صَلَّى صَلَاة لَمْ يَقْرَأ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآن فَهِيَ خِدَاج" وَالْخِدَاج هُوَ النَّاقِص كَمَا فُسِّرَ بِهِ فِي الْحَدِيث " غَيْر تَمَام " .

Adapun yang terdapat dalam Shahihain (Bukhari Muslim) hadit dari Abu Hurairah pada qisoh orang yg jalan dalam sholat, bahwa rasulallah SAW pernah berkata:" Apabila kamu berdiri untuk sholat maka takbirlah, kemudian baca sebagian Al quran yang menurut kamu mudah.

Denga demikian tidak ada penetapan hukum wajb membaca Al fatihah atau surat yang lain.  Ini merupakan bukti atas apa yang kami katakan. 

(Kedua) :" Bacaan Al fatihah dinyatakan wajib secara hukum dalam sholat, dan tidak akan di diganjar pahala selain Alfatihah.  Ini pendapat para Imam selain Imam Abu Hanifah yakni Imam Maliki, Imam As-syaf'ii, Imam Ahmad Bin Hanbal, serta para shahabat dan Jumhur Ulama.

Mereka mengambil hujjah (dalil) dari Hadits yang disebutkan," ( مَنْ صَلَّى صَلَاة لَمْ يَقْرَأ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآن فَهِيَ خِدَاج ) "Siapa orang yang sholat tidak membaca Alfatihah maka tidak sempurna sholatnya"  Makna Al Khadaj, yakni An-naaqish (kurang sempurna) sebagaimana makna hadits ditafsirkan dengan (  غَيْر تَمَام ) tidak sempurna.

 وَاحْتَجُّوا أَيْضًا بِمَا ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ مِنْ حَدِيث الزُّهْرِيّ عَنْ مَحْمُود بْن الرَّبِيع عَنْ عُبَادَة بْن الصَّامِت قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " لَا صَلَاة لِمَنْ لَمْ يَقْرَأ بِفَاتِحَةِ الْكِتَاب " . وَفِي صَحِيح اِبْن خُزَيْمَةَ وَابْن حِبَّان عَنْ أَبِي هُرَيْرَة رَضِيَ اللَّه عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ" لَا تُجْزِئ صَلَاة لَا يُقْرَأ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآن " وَالْأَحَادِيث فِي هَذَا الْبَاب كَثِيرَة وَوَجْه الْمُنَاظَرَة هَهُنَا يَطُول ذِكْره وَقَدْ أَشَرْنَا إِلَى مَأْخَذهمْ فِي ذَلِكَ رَحِمَهمْ اللَّه . ثُمَّ إِنَّ مَذْهَب الشَّافِعِيّ وَجَمَاعَة مِنْ أَهْل الْعِلْم أَنَّهُ تَجِب قِرَاءَتهَا فِي كُلّ رَكْعَة

Dan mereka juga menjadikan Hujjah Hadits Bukhari Muslim dari Aj-juhri dari Mahmud Bin Rabi' dari ubadah bin shomit, beliau berkata, Nabi bersabda :" ( " لَا صَلَاة لِمَنْ لَمْ يَقْرَأ بِفَاتِحَةِ الْكِتَاب " ) Tidak ada sholat bagi yang tidak membaca Al Fatihah" . Juga didalam Shohih Ibnu Khujaimah. Ibnu Hibban dari Abu Hurairah ia berkata, Nabi bersabda :" Tidak akan di ganjar orang yang tidak membaca Ummul Quran dlm sholatnya. 

Hadits2 dalm bab ini sangat banyak dan panjang penyebutannya melalui. Kami telah mengisyaratkan pengambilan tersebut. Semoga Allah SWT merahmati mereka. Amiin..

Kemudian madzhab Imam Syafii dan para jama'ah ahli Ilmu berpendapat : "Wajib membaca Al Fatihah setiap rakaat dalam Sholat.

 وَقَالَ آخَرُونَ : إِنَّمَا تَجِب قِرَاءَتهَا فِي مُعْظَم الرَّكَعَات وَقَالَ الْحَسَن وَأَكْثَر الْبَصَرِيِّينَ : إِنَّمَا تَجِب قِرَاءَتهَا فِي رَكْعَة وَاحِدَة مِنْ الصَّلَوَات أَخْذًا بِمُطْلَقِ الْحَدِيث " لَا صَلَاة لِمَنْ لَمْ يَقْرَأ بِفَاتِحَةِ الْكِتَاب " . وَقَالَ أَبُو حَنِيفَة وَأَصْحَابه وَالثَّوْرِيّ وَالْأَوْزَاعِيّ : لَا تَتَعَيَّن قِرَاءَتهَا بَلْ لَوْ قَرَأَ بِغَيْرِهَا أَجْزَأَهُ لِقَوْلِهِ تَعَالَى : " فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْ الْقُرْآن " وَاَللَّه أَعْلَم .

Yang lain berpendapat:" sesungguhnya wajib membaca Al fatihah pada semua raka'at. Berkata Imam Hasan dan mayoritas ulama Bashrah: sesungguhnya wajib membaca Alfatihah salah satu rakaat dalam setiap sholat. ini pengambilan dari pernyataan hadits:" ( لَا صَلَاة لِمَنْ لَمْ يَقْرَأ بِفَاتِحَةِ الْكِتَاب ) Tidak ada sholat bagi yang tidak membaca Al-fatihah. Imam Abu Hanifah dan sahabat2nya serta Imam Atsauri dan Al Auja'i berpendapat : " Tidak diwajibkan bacaan Al fatihah, bahkan meskipun dia membaca selain Al fatihah maka mendapat ganjaran pahala.  firman Allah Ta'ala(  فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْ الْقُرْآن  ) Wallahu A'lam. 

 وَقَدْ رَوَى اِبْن مَاجَهْ مِنْ حَدِيث أَبِي سُفْيَان السَّعْدِيّ عَنْ أَبِي نَضْرَة عَنْ أَبِي سَعِيد مَرْفُوعًا " لَا صَلَاة لِمَنْ لَمْ يَقْرَأ فِي كُلّ رَكْعَة بِالْحَمْدِ وَسُورَة فِي فَرِيضَة أَوْ غَيْرهَا " وَفِي صِحَّة هَذَا نَظَر وَمَوْضِع تَحْرِير هَذَا كُلّه فِي كِتَاب الْأَحْكَام الْكَبِير وَاَللَّه أَعْلَم .

Bahwa Ibnu Majah telah meriwayatkan satu hadits Marfu' dari Abi sufyan As-sa'di dari Abi Nadlrah dari Abi Sa'id: " Tidak ada sholat bagi siapa yang tidak membaca Alfatihah dan surat Al quran, baik yang fardu ataupun yang sunnah.  Keterangan ini terdapat dalam kitab hukum2 besar. Wa allahu A'lam

 " الْوَجْه الثَّالِث " هَلْ تَجِب قِرَاءَة الْفَاتِحَة عَلَى الْمَأْمُوم ؟ فِيهِ ثَلَاثَة أَقْوَال لِلْعُلَمَاءِ " أَحَدهَا " أَنَّهُ تَجِب عَلَيْهِ قِرَاءَتهَا كَمَا تَجِب عَلَى إِمَامه لِعُمُومِ الْأَحَادِيث الْمُتَقَدِّمَة " وَالثَّانِي " لَا تَجِب عَلَى الْمَأْمُوم قِرَاءَة بِالْكُلِّيَّةِ لِلْفَاتِحَةِ وَلَا غَيْرهَا لَا فِي صَلَاة الْجَهْرِيَّة وَلَا فِي صَلَاة السِّرِّيَّة لِمَا رَوَاهُ الْإِمَام أَحْمَد بْن حَنْبَل فِي مُسْنَده عَنْ جَابِر بْن عَبْد اللَّه عَنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : " مَنْ كَانَ لَهُ إِمَام فَقِرَاءَة الْإِمَام لَهُ قِرَاءَة " وَلَكِنَّ فِي إِسْنَاده ضَعْفًا. وَرَوَاهُ مَالِك عَنْ وَهْب بْن كَيْسَان عَنْ جَابِر مِنْ كَلَامه وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الْحَدِيث مِنْ طُرُق وَلَا يَصِحّ شَيْء مِنْهَا عَنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاَللَّه أَعْلَم" وَالْقَوْل الثَّالِث " أَنَّهُ تَجِب الْقِرَاءَة عَلَى الْمَأْمُوم فِي السِّرِّيَّة لِمَا تَقَدَّمَ وَلَا يَجِب ذَلِكَ فِي الْجَهْرِيَّة لِمَا ثَبَتَ فِي صَحِيح مُسْلِم عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيّ قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَام لِيُؤْتَمّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا قَرَأَ فَأَنْصِتُوا " وَذَكَرَ بَقِيَّة الْحَدِيث وَهَكَذَا رَوَاهُ بَقِيَّة أَهْل السُّنَن أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيّ وَالنَّسَائِيّ وَابْن مَاجَهْ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة عَنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : " وَإِذَا قَرَأَ فَأَنْصِتُوا " وَقَدْ صَحَّحَهُ مُسْلِم بْن الْحَجَّاج أَيْضًا فَدَلَّ هَذَانِ الْحَدِيثَانِ عَلَى صِحَّة هَذَا الْقَوْل وَهُوَ قَوْل قَدِيم لِلشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللَّه وَاَللَّه أَعْلَم .

(Ketiga) :"Apakah wajib makmum membaca Al fatihah?. 
Ada tiga Qoul ulama tentang itu: 
  1. Wajib membaca al fatihah sebagai mana wajibnya imam. Ini disebabkan ada beberapa muqadimah hadits terkait dengan itu.
  2. Tidak wajib bagi makmun membaca keseluruhan Al fatihah maupun yang lainnya, baik sholat jahriah (dengan suara keras) ataupun sholat sirriyah dengan surara pelan) karena ada hadits dari Imam Ahmad bin Hanbal dlam musnadnya dari jabir bin Abdullah dari nabi SAW. :( مَنْ كَانَ لَهُ إِمَام فَقِرَاءَة الْإِمَام لَهُ قِرَاءَ ) "Siapa bagi memiliki Imam dalam Sholat maka bacaan Imam bagi dalam sholat".  namun sanad hadits ini dhoif,  Berkata Imam Malik dari wahb Bin Kaisan dari jabir dari ucapanya.  Hadits ini diriwatkan dari jalur yang tidak sah sampai ke-nabi SAW.
  3. Wajib seorang makmum membaca Al fatihah hanya dalam sholat sirriyah (solat dengan suara pelan). sebagai mana telah lewat penjelasan tersebut, dimana tidak wajib membaca al fatihah pada sholat Jahriyyah (sholat dengan Suara keras) yakni Sholat Maghrib, Isya dan subuh. sebagai mana ditetapkan dalam hadits muslim yang diriwayatkan Abi Musa Al Asy-'ary, rasulallah SAW bersabda : (إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَام لِيُؤْتَمّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا قَرَأَ فَأَنْصِتُوا) Sesungguhnya dijadikan Imam agar ia berimam kepadanya dalam sholat, jika ia takbir maka bertakbirlah kalian, dan jika ia membaca Al quran maka diam dan dengarkanlah" Al Hadits. Begitu halnya hadits yang diriwayatkan oleh Ahli Sunan, yakni Imam Abi Daud, Imam Tirmidzi, Imam Nasa'i, Imam Ibnu Majah dari Nabi SAW : (" وَإِذَا قَرَأَ فَأَنْصِتُوا ") Apabila Imam membaca Alquran maka diam dan dengarkan". Imam Muslim Bin Al Hajjaj telah menshohihkan hadits ini. Dengan demikian ini menunjukan 2 hadits yang sehat pada qoul ini. Dan ini merupakan Qoul terdahulu Imam Asy-syafi'i ra. Allahu A'lam