Tafsir Ibnu Katsir Terjemah Indonesia

Tafsir Ibnu Katsir Terjemah Indonesia



 وَهَكَذَا رَوَاهُ الْبُخَارِيّ عَنْ مُسَدَّد وَعَلِيّ بْن الْمَدِينِيّ كِلَاهُمَا عَنْ يَحْيَى بْن سَعِيد الْقَطَّان بِهِ وَرَوَاهُ فِي مَوْضِع آخَر مِنْ التَّفْسِير وَأَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيّ وَابْن مَاجَهْ مِنْ طُرُق عَنْ شُعْبَة بِهِ وَرَوَاهُ الْوَاقِدِيّ عَنْ مُحَمَّد بْن مُعَاذ الْأَنْصَارِيّ عَنْ خُبَيْب بْن عَبْد الرَّحْمَن عَنْ حَفْص بْن عَاصِم عَنْ أَبِي سَعِيد بْن الْمُعَلَّى عَنْ أُبَيّ بْن كَعْب فَذَكَرَ نَحْوه . وَقَدْ وَقَعَ فِي الْمُوَطَّأ لِلْإِمَامِ مَالِك بْن أَنَس رَحِمَهُ اللَّه مَا يَنْبَغِي التَّنْبِيه عَلَيْهِ فَإِنَّهُ رَوَاهُ مَالِك عَنْ الْعَلَاء بْن عَبْد الرَّحْمَن بْن يَعْقُوب الْحَرَقِيّ أَنَّ أَبَا سَعِيد مَوْلَى اِبْن عَامِر بْن كُرَيْزٍ أَخْبَرَهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَادَى أُبَيّ بْن كَعْب وَهُوَ يُصَلِّي فِي الْمَسْجِد فَلَمَّا فَرَغَ مِنْ صَلَاته لَحِقَهُ قَالَ فَوَضَعَ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَده عَلَى يَدَيَّ وَهُوَ يُرِيد أَنْ يَخْرُج مِنْ بَاب الْمَسْجِد ثُمَّ قَالَ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ لَا تَخْرُج مِنْ بَاب الْمَسْجِد حَتَّى تَعْلَم سُورَة مَا أُنْزِلَ فِي التَّوْرَاة وَلَا فِي الْإِنْجِيل وَلَا فِي الْقُرْآن مِثْلهَا " قَالَ أُبَيّ رَضِيَ اللَّه عَنْهُ فَجَعَلْت أُبْطِئ فِي الْمَشْي رَجَاء ذَلِكَ ثُمَّ قُلْت يَا رَسُول اللَّه مَا السُّورَة الَّتِي وَعَدْتنِي ؟ قَالَ " كَيْف تَقْرَأ إِذَا اِفْتَتَحْت الصَّلَاة ؟ قَالَ فَقَرَأْت عَلَيْهِ " الْحَمْد لِلَّهِ رَبّ الْعَالَمِينَ" حَتَّى أَتَيْت عَلَى آخِرهَا فَقَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " هِيَ هَذِهِ السُّورَة وَهِيَ السَّبْع الْمَثَانِي وَالْقُرْآن الْعَظِيم الَّذِي أُعْطِيت "


Begitu juga Imam Bukhary meriwayatkan hadits dari Musadad dan Ali bin Al Madiini keduanya dari yahya bi Said Al Qoththon. Juga meriwayatkan pada tempat yang lain dari At-tafsir dan Abu Daud dan Nasai dan Ibnu Majah dari jalan Syu'bah. juga meriwayatkan hadits dari Al waaqidy adari Muhammad   bin Muadz Al Anshory dari khubaib Bin Abdurrahman dari Hafsh Bi Ashim dari Abi Said Bin Mu'ala dari Ubay Bin Ka'ab yang menjelasakan seperti itu. Terdapa di dalam kitab Muath Imam Maliki Bin Anas. Sepantasnya peringatan atasnya. sesungguh ia meriwayatkan hadits dari Ala Bin Abdurahman Bin Ya'qub Al Haraqi. Sesungguhnya Aba Said Maula Ibnu Amir Kuraiz  mengabarkan mereka bahwa Rasulallah memanggil Ubai bin Ka'ab saat beliau sedang shalat di masjid. ketika beliau selesai sholat, lalu beliau mendatangi nabi SAW. Lalu nabi SAW meletakan tangan-nya di atas tangan-ku saat hendak keluar dari pintu mesjid. Kemudian beliau berkata : " Sesungguh Aku berharap engkau tidak keluar dari pintu mesjid sehingga engkau mengetahui surat yg tdk diturunkan dalam Taurat dan Injil,  tidak juga pada Al Quran atau Seumpama-nya. Berkata Ubai Bin Ka'ab :" Aku perlambat jalanku karena aku berharap itu, kemudian aku berkata : "Ya Rasulallah,mana surat yang engkau janjikan kepadaku?. Beliau menjawab : " Sebagaimana yang kamu baca apabila membuka sholat ". lalu aku membaca : "Alhamdulillahirabbil'alamiiin sampai akhir. Beliau bersabda :" Dia adalah surah.. Dia adalah Sab'ul Matsani, dan Al quran Yang Agung yg di berikan untukku..

 فَأَبُو سَعِيد هَذَا لَيْسَ بِأَبِي سَعِيد بْن الْمُعَلَّى كَمَا اِعْتَقَدَهُ اِبْن الْأَثِير فِي جَامِع الْأُصُول وَمَنْ تَبِعَهُ فَإِنَّ اِبْن الْمُعَلَّى صَحَابِيّ أَنْصَارِيّ وَهَذَا تَابِعِيّ مِنْ مَوَالِي خُزَاعَة وَذَاكَ الْحَدِيث مُتَّصِل صَحِيح وَهَذَا ظَاهِره أَنَّهُ مُنْقَطِع إِنْ لَمْ يَكُنْ سَمِعَهُ أَبُو سَعِيد هَذَا مِنْ أُبَيّ بْن كَعْب فَإِنْ كَانَ قَدْ سَمِعَهُ مِنْهُ فَهُوَ عَلَى شَرْط مُسْلِم وَاَللَّه أَعْلَم



Maka abi Said ini bukan Abi said Bin Al Mu'ala sebagaimana yang di yakini oleh Ibnu Katsir di dalam " Jami' Al Ushul" dan orang yang mengikuti keyakinan-nya. Maka sesungguhnya Ibnu Mu'ala adalah Sahabat Ansor . Dan ini pegikut dari mawali khudaa'a . 

Dengan demikian hadits ini adalah "Hadits Mutashil" (bersambung) yang shahih . Ini kelihatan bahwa hadits ini seperti "Hadits Munqoti'" meskipun tidak nampak Abi said mendengar hadits dari Ubai bin Kaab. Jika memang ada, niscaya beliau mendengar-nya dari Ubai bin Kaab.  Demikianlah menurut syarat hadits Muslim . Wallahu A'lam
_____________________________

Terjemah Tafsir Ibnu Katsir 
Oleh Aa Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com
Email : miftahhudaya@ymail.com