Khasiat Kegunaan Dan Manfaat Kapulaga

Khasiat Kegunaan Dan Manfaat Kapulaga

MANFAAT DAN KHASIAT KAPULAGA



KAPULAGA (amamum campactum soland) , rempah yang sering disebut dengan kapol, pelaga puwar, palago atau  karkolaka ini ternyata punya segudang manfaat. Tumbuhan ini kaya kandungan kimia yaitu minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat.

Di Indonesia, ia bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional, biasanya di area penjual bumbu dapur, maklum, kapulaga memang sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Walaupun memiliki sifat rasa agak pahit, ia ternyata mampu memberikan efek kehangatan.

Selama ini orang banyak yang memanfaatkannya sebagai obat. Ekstrak  dari seluruh tumbuh-tumbuhan dipakai sebagai obat terhadap flatulensi atau meteorismus (penimbunan gas dalam usus), kolik dan kelemahan. Tumbuh-tumbuhan yang ditumbuk halus bersama air dipakai sebagai obat gosok untuk penyakit encok. Ekstrak dari umbi akar dipergunakan sebagai obat demam. Bijinya adalah bahan mamah, dipakai juga sebagai bumbu (untuk kue) dan sebagai obat, contohnya untuk mengobati kesulitan bernapas, mulut berbau (futor exore) dan untuk mengobati batuk dan gatal ditenggorokan dengan memamahnya. Dalam bahan biji terdapat minyak kardamon yang mengandung terpineol, terpinylasetat, sineol, borneol dan sabinen, zat putih telur, calcium-oksalat dan silisium. Selain itu juga mengandung minyak atsiri (alfaborneol dan betakamfer) yang berkhasiat untuk mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit, mengharumkan.

Beberapa penyakit ringan juga bisa disembuhkan dengan kapulaga, dan berikut ini adalah bagian tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sekaligus cara pembuatannya:

  • 1. Kejang perut, rematik:  semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring, airnya diminum.
  • 2. Demam: batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring. airnya diminum.
  • 3. Batuk: buah dikunyah.
  • 4. Mencegah mual : buah direbus dan dimakan.
  • 5. Bau badan : rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya.
  • 6. Radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah : buah direbus, makan dan masih banyak yang lainnya.
Kapulaga juga memiliki aroma bau sedap sehingga orang Inggris menyanjungnya sebagai grains of paradise. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu:
    • borneol (suatu terpena) yang berbau kamper seperti yang tercium dalam getah pohon kamper
    • alfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain
    • limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok
    • alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun
    • cineol yang sedap agak pedas menghangatkan seperti minyak kayu putih.

Tak heran jika banyak orang memanfaatkan bijinya untuk ditaburkan apada segelas teh panas. Selain aroma khasnya, ternyata banyak juga khasiatnya. (OL-08)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/08/07/1466/9/Ragam-Manfaat-Kapulaga