Bab Shalat Fathul muin 7(Terjemah Indonesia)

Bab Shalat Fathul muin 7(Terjemah Indonesia)

بسم الله الرحمن الرحيم
Bab Shalat kitab Fathul muin
Translated by Aa. Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com




وقد (غني) الماء (عنه) كزعفران، وثمر شجر نبت قرب الماء، وورق طرح ثم تفتت، لا تراب وملح ماء وإن طرحا فيه. ولا يضر تغير لا يمنع الاسم لقلته ولو احتمالا، بأن شك أهو كثير أو قليل. وخرج بقولي بخليط المجاور، وهو ما يتميز للناظر، كعود ودهن ولو مطيبين، ومنه البخور وإن كثر وظهر نحو ريحه، خلافا لجمع.





  Penjelasan Tentang Alterasi (Perubahan) Air

         Sesungguhnya Alterasi air dianggap cukup nyata (oleh sebagian para ulama) seperti terkena minyak za'faran, kejatuhan buah pohon yang tumbuh dekat air, dan daun yang berjatuhan kemudian hancur. Sebaliknya, “air tidak dianggap berubah karena ter-intermix (tercampur) tanah dan garam-air jika keduanya jatuh ke-dalamnya.” Dan tidak memberikan dampak buruk pada perubahaannya serta tidak menolak (.لأسم) nama air karena kapasitas air yang sedikit. walaupun hanya secara possibility (kemungkinan). Sehingga ia ragu. "apakah air itu banyak ataukah sedikit?

  The Author Explanation

keterangan :" bercampur air karena berdekatan”. Yaitu, sesuatu yang terpisah bagi orang yang melihatnya. Seperti air yang berdekatan dengan kayu, minyak, dsb. Diantaranya seperti bukhur walaupun jumlahnya banyak dan nampak dari sisi aromanya. Akan tetapi ada khilafiyah dengan pendapat ulama mayoritas





ومنه أيضا ماء أغلي فيه نحو بر وتمر حيث لم يعلم انفصال عين فيه مخالطة، بأن لم يصل إلى حد بحيث له اسم آخر كالمرقة، ولو شك في شئ أمخالط هو أم مجاور، له حكم المجاور. وبقولي غني عنه ما لا يستغنى عنه، كما في مقرة وممره، من نحو طين وطحلب متفتت وكبريت، وكالتغير بطول المكث أو بأوراق متناثرة بنفسها وإن تفتتت وبعدت الشجرة عن الماء.




  Penjelasan Tentang Hukum Air yang bercampur dan berdekatan

         Sebagiannya juga ada air yang dimasak bersama gandum dan kurma yang diperkirakan tidak diketahui bentuknya saat terpisah di-dalam air pada waktu terjadi commixture (percampuran), sehingga tidak sampai pada batas-nya, yang menurut estimasi timbul nama yang lain dari nama air tersebut. Seperti (المرقة) kuah sayur. Walaupun ia ragu pada hukumnya."Apakah ia bercampur ataukah hanya adjacent (berdekatan)? Tepatnya, adalah mujawarah (berdekatan)


  The Author Explanation

Keterangan : "Cukup perkara yang tidak membutuhkannya." Umpama air yang ada didalam kolam atau pada tempat lewatnya. Seperti adanya lumpur, lumut yang rusak, dan belerang. Atau seperti alterasi air karena lama tergenang, atau karena daun-daun yang berserakan jika ia hancur serta jauh pohon-nya dari genangan air



Fathul muin Bab Shalat  1 2 3 4  5 6 7 8 9                                                       Kembali