Bab Shalat Fathul muin 11 (Terjemah Indonesia)

Bab Shalat Fathul muin 11 (Terjemah Indonesia)

بسم الله الرحمن الرحيم
Bab Shalat kitab Fathul muin
Translated by Aa. Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com




(وفروضه ستة) أحدها: (نية) وضوء أو أداء (فرض وضوء) أو رفع حدث لغير دائم حدث، حتى في الوضوء المجدد أو الطهارة عنه، أو الطهارة لنحو الصلاة، مما لا يباح إلا بالوضوء، أو استباحة مفتقر إلى وضوء كالصلاة ومس المصحف. ولا تكفي نية استباحة ما يندب له الوضوء، كقراءة القرآن أو الحديث، وكدخول مسجد وزيارة قبر. والاصل في وجوب النية خبر، إنما الاعمال بالنيات. أي إنما صحتها لاكمالها.





  Penjelasan Tentang Rukun-Rukun Wudhu

          Adapun Kefarduan wudhu ada 6 (enam ) perkara : salah satunya adalah “ niat wudhu” atau niat untuk pelaksanaannya, atau niat untuk mengangkat hadats bagi orang yang terus menerus hadats sampai pada wudhu orang yang memperbaharuinya, atau thaharah wudhu, atau thaharah untuk shalat dari apa yang tidak di bolehkan kecuali dengan ber-wudhu, atau untuk membolehkan apa yang di-butuh ber-wudhu. Seperti shalat, dan menyentuh mashaf .

Tidak cukup (niat Wudhu) hanya dengan “niat istibahah wudhu untuk perbuatan yang disunahkan baginya. Seperti membaca Al-quraan, hadits, masuk masjid, dan jiarah kubur.

  Dalil Niat Dalam Rukun Wudhu

Adapun asal kewajiban niat yakni bersumber dari hadits nabi. ( إنما الاعمال بالنيات) yaitu, "sehatnya shalat bergantung dari kesempurnaan niat.






ويجب قرنها (عند) أول (غسل) جزء من (وجه)، فلو قرنها بأثنائه كفى ووجب إعادة غسل ما سبقها. ولا يكفي قرنها بما قبله حيث لم يستصحبها إلى غسل شئ منه، وما قارنها هو أوله، فتفوت سنة المضمضة إن انغسل معها شئ من الوجه - كحمرة الشفة - بعد النية فالاولى أن يفرق النية بأن ينوي عند كل من غسل الكفين والمضمضة والاستنشاق سنة الوضوء، ثم فرض الوضوء عند غسل الوجه، حتى لا تفوت فضيلة استصحاب النية من أوله. وفضيلة المضمضة والاستنشاق مع انغسال حمرة الشفة.





  Penjelasan Tentang Awal Niat Wudhu

          Wajib membarengi niat wudhu pada awal membasuh bagian wajah. Meskipun menyertainya di pertengahan. Maka hal yang demikian dinggap cukup (sah).

Dan wajib mengembalikan wudhu yang terlewatnya niat. Dan tidak cukup (niat wudhu) hanya membarenginya dengan apa yang ada sebelumya, sekira-kira tidak diserti niat membasuh sesuatu dari nya, dan apa yang membarenginya di awal. Maka rusak kesunahan “kumur” jika sesuatu dari bagian wajah terbasuh beserta niat. Seperti bagian merahnya bibir sesudah niat.

  Menyertakan Niat Wudhu Saat Membasuh Muka

Yang lebih utama adalah memisahkan niat dengan apa yang di niati pada saat membasuh kedua telapak tangan, kumur-kumur, memasukan air ke-hidung sebagai sunah wudhu dan fardu wudhu pada saat membasuh wajah, sehingga rusaklah keutamaan wudhu dalam menyertai niat pada awalnya, dan juga fadilah kumur dan intinsyaq yang disertai dengan membasuh bagian merahnya bibir




Fathul muin Bab Shalat  1 2 3 4  5 6 7 8 9 10 11                                         Kembali