Recent Posts
RSS Feeds

Aneka Manfaat dan Khasiat Durian Bagi Kesehatan

manfaat buah Durian bagi kesehatan manfaat Durian bagi kesehatan manfaat buah Durian untuk kesehatan manfaat Durian untuk kesehatan manfaat Durian Durian untuk kesehatan MANFAAT KULIT Durian BAGI KESEHATAN khasiat Durian untuk kesehatan Manfaat jus Durian bagi kesehatan Durian DAN KESEHATAN manfaat Durian bagi kesehatan tubuh penting buah Durian bagi kesehatan manfaat ID manfaat buah Durian Durian kesehatan
Manfaat Durian Untuk Kesehatan


gambar Buah Durian
Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebuah durian diduga berasal dari istilah Melayu, yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India, dan Pakistan. Di Asia, buah ini sudah dikenal sejak abad 7 M. Berdasarkan catatan sejarah, nama lain durian adalah Duren (Jawa, Gayo), Duriang (Manado), Dulian (Toraja), dan Rulen (Seram Timur).

Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.



Siapapun tentu mengenal buah durian atau duren. Buah musiman yang lezat ini kadang juga dibenci karena baunya yang menyengat. Selain itu banyak anggapan yang terlalu berlebihan terhadap buah duren. Maka tak heran bila buah berkulit tajam ini juga sering disebut buah penuh kontroversial. Padahal, manfaat buah duren sangat besar dengan kandungannya yang sarat gizi. 

Munculnya kontroversi buah duren terutama karena adanya sejumlah persepsi dan anggapan yang berkembang bahwa buah ini tidak baik untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan kontraksi. Kandungan gula yang tinggi dalam buah duren kabarnya juga menjadi pantangan bagi penderita penyakit diabetes.

Selain itu, ada juga sebagian masyarakat yang menganggap buah durian dapat menyebabkan impotensi dan lemah syahwat. Apalagi baunya yang tajam sehabis mengkonsumsi buah duren, dikhawatirkan dapat mengganggu pergaulan maupun kemesraan suami istri. Benarkah demikian?

Kandungan Buah Duren

Kandungangizi terbesar dalam buah duren terutama adalah kalorinya yang mencapai 124 kkal dalam takaran 100 gram. Begitu juga kandungan karbohidratnya sebanyak 28,3 gr, protein 2,5 gr, lemak 2,5 gr, dan serat 1,4 gr. Kandungan ini sangat berguna untuk meningkatkan vitalitas dan gairah hidup, 

Selain itu, buah duren merupakan salah satu jenis buah yang rendah kandungan mineral dan vitaminnya, kecuali vitamin C yang cukup tinggi. Karena itu manfaat buah duren diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah penyakit.

Gairah Seks

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meminimalisir efek samping dari makan buah duren. Tips ini disarikan dari sejumlah kajian dan saran dokter ahli kandungan, diantaranya :

  • Mengkonsumsi buah durian atau duren sebaiknya jangan terlalu banyak. Menurut penelitian, ibu hamil maupun penderita diabetes masih dapat mengkonsumsi buah durian asalkan tidal terlalu banyak. Satu atau dua biji konsumsi duren tidak mempengaruhi janin maupun kadar gula dalam darah.

  • Sifat panas dalam buah duren justru memiliki efek sangat baik untuk meningkatkan gairah seksual. Bahkan menurut Dr Boyke, ahli kandungan ternama, mengkonsumsi buah duren secukupnya, tidak berlebihan, dapat merangsang organ seks dan memperlama saat ereksi.

    Fungsi ini tak ubahnya seperti manfaat alkohol, meski kandungan panas buah duren bukanlah dari unsur alkohol. Karena itu tak benar jika mengkonsumsi buah duren malah menyebabkan impotensi atau lemah syahwat.

  • Setiap buah atau tanaman memiliki antitesanya masing-masing yang merupakan anugerah Tuhan. Untuk mengatasi rasa panas dalam perut usai makan duren, dapat diatasi dengan minum air yang dicampur atau dituang dalam kulit buah bagian dalam dimana buah duren berada. Kulit berwarna putih mengandung zat untuk menetralisir panas buah duren.

  • Begitu juga untuk menghilangkan bau duren di mulut maupun yang menempel di tangan usai memakannya, bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air yang dituang atau dicampur dengan kulit buah berwarna putih tersebut. Air campuran ini juga dapat digunakan sebagai cuci tangan. Dengan cara ini, manfaat buah duren dapat diserap secara optimal dan enaknya buah duren pun dapat dinikmat tanpa takut bau

Sumber :
http://www.anneahira.com/manfaat-buah-duren.htm
http://khasiatbuah.com/buah-durian.htm

Pecinta Islam Sejati

Kumpulan Bacaan Via bismillahku.blogspot.com

Ahli Tafsir Golongan Sahabat (1) Biography 0f hafiz Ibn kathir (1) Cara Penanganan Penyakit (1) CREATION IN THREE DARKNESSES (1) DAFTAR ISI KISAH-KISAH TELADAN (1) Daftar Isi Terjemah Surah Per-lafazh (1) Daftar Kisah 4 Imam Mujtahid (1) Download Kitab Syarah Hadits (1) Download Kitab Tajwid dan ilmu Quran (1) Download Kitab-Kitab Kuning lengkap (1) ELECTRIC LIGHT BULB (1) ELECTRICITY (1) Fadhilat da Keutamaan surah Yasin (1) Fadhilat dan Keutamaan Bismillah (1) Fadihilat dan Keutamaan Bismillah (1) FEMALE ANT AND COMMUNICATION BETWEEN ANIMALS (1) File Download Enbook artikel dan berita islam (1) File Download Kitab Fikih Mazhab Imam Syafii (1) File Download Kitab Pengobatan islam (1) File Download Kitab Tafsir Lengkap (1) File Download Kitab Tajwid dan ilmu Quran (1) HANGING ON THE WALL OF UTERUS (1) Hikmah yang terkandung di dalam maulid Nabi Muhamad SAW (1) Huruf Arab dan Tanda Baris (1) Imam Ibnu Majah (1) ke-2 (1) Kegunaan Buah Manggis (3) Ketentuan dan Keutamaan Hijamah (1) KISAH IMAM HANBALI KE 5 (1) KISAH IMAM HANBALI KE I (1) KISAH IMAM HANBALI KE-2 (1) KISAH IMAM HANBALI KE-3 (1) KISAH IMAM SYAFII KE-9 (1) Kisah Iman Hanbal ke- 4 (1) Koleksi Mp3 Shalawat burdah (1) Kontroversi Hukum Maulid Nabi SAW (1) Kumpulan Download lagu islam Mp3 Mayada (1) Kumpulan Kata Mutiara Islam (6) Kumpulan Lagu Mp3 Islam (Sulis) (1) Kumpulan Lagu Mp3 Nasyid (1) Kumpulan Nasyid " RABBANI " (1) Kumpulan Nasyid "Thufail Al-Ghifari" (1) Kumpulan Software Islam Gratis (1) Kumpulan Software Terbaik दान Terlengkap (1) LANGUAGE AND MAN (1) MAN CREATED FROM DUST AND WATER (1) Manfaat buah Manggis (1) Manfaat Buah-buahan (6) Menghilangkan flek hitam pada/di wajah (1) Menghilangkan Noda Bekas Jerawat (2) Merawat Kulit Berminyak (1) Muqodimah Pembahasan surah Yasin (1) Mushaf Kuno Ditulis pada tahun 488 H (1) MYSTERY BEHIND THE NAME HAAMAAN (1) Pembahasan dan Pembagian Hadist (2) Pembahasan Surah yasin Volume 2 (1) Penyakit darah rendah atau Hipotensi (1) Qiraat (1) Riwayah (1) Sebuah Nasihat Para ahli Kesehatan dan Dokter Islam (1) Sejarah Ibnu sina sebagai father of doctor (1) Sejarah singkat Syiekh Ibnu Malik (2) SIGNS IN THE NEW TESTAMENT (1) SIGNS WITHIN OURSELVES (1) Takbir Lebaran Mp3 (2) TELEOLOGICAL CAUSALITY (1) Terjemah Alfiyah Nahwu sharaf (1) Tips Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah (1) Waktu-waktu Hijamah yang dianjurkan didalam Thibunnabawi dan Alqonun Ibnu sina (1) Yasi sebagai jantung Al-Quran (1) حاشية الخضري على شرح ابن عقيل على ألفية ابن مالك (1) كتاب معرفة القراء الكبار (1) भूमिगत जल और जल चक्र (1)